Beranda > Uncategorized > Apa itu YAJNA?

Apa itu YAJNA?

Yajna berasal dari kata sanksekerta yang berasal dari kata “yaj” yang berarti memuja, menyembah atau berdoa. Suatu ketika saya pernah bertanya pada diri saya sendiri apakah yajna harus berupa meteri, alat, atau dalam bentuk sesaji, karena tiap saya melihat orang berkata “mari beryajna”, hal yang saya sering lihat adalah dalam bentuk material. Hal ini saya sering saya pada umat hindu. Padahal menurut arti yang luas yajna tidak hanya berupa material, upakara tapi juga mencakup etika, moral dan spiritual. Jika ada yang mengatakan yajna harus ada material berarti orang tersebut masih memiliki keterbatasan tentang yajna.

Apabila kita sebagai umat Hindu hanya mengetahui yajna sekedar mempersembahkan sesaji atau upakara itu hanya tingkatan paling rendah dalam pengekspresian perasaan cintanya kepada Tuhan. Dan dalam yajna pelaksanaannya harus ada etika yang dipakai pedoman agar apa yang di lakukan mendapat hasil yang memuaskan dan pedoman itu berasal dari kitab suci. Selain ada etika dalam pelaksanaan yajna juga harus dibarengi dengan moral, karena dengan moral umat Hindu dapat mempertahankan ekstensinya. Selain itu yang paling penting dalam beryajna adalah spiritual, dengan spiritual yang baik maka seseorang mampu mengangkat derajat dirinya sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling tinggi.

Yajna yang berarti berdoa yang menggunakan persembahan baik berupa doa-doa, kewajiban, materi, dan melayani dan harus didasarkan pada yang  namanya iklas. Yajna adalah tindakan bukan sekedar kalimat yang diucapkan. Dalam Hindu sendiri disebutkan ada 5 yajna yang harus dilakukan dalam hidup ini yang disebut dengan Panca Yajna, terdiri dari :

1.    Dewa Yajna yang merupakan ungkapan rasa terima kasih kepada semua Dewa-Dewa yang mengerakkan alam semesta ini beserta dengan isinya.

2.    Pitra Yajna adalah ungkapan terima kasih dan hormat kepada leluhur yang telah menurunkan ilmu dan  budaya pada kita. dan memberikan kita kasih sayang semasih kita kecil.

3.    Rsi Yajna adalah ungkapan terima kasih yang ditujukan kepada orang – orang suci maupun pendeta ataupun guru, karena oleh mereka kita dituntun untuk meningkatkan harkat dan derajat kita nantinya.

4.    Manusa Yajna merupakan ungkapan terima kasih yang ditujukan kepada sesama manusia. Biasanya dilakukan dengan cara melayani sesama manusia dengan melakukan sesuatu yang berfungsi untuk mensejahterakan masyarakat.

5.    Bhuta Yajna adalah ungkapan terima kasih kepada mahluk-mahluk yang lebih rendah dari manusia.

Kelima yajna diatas wajib dilaksanakan oleh umat Hindu. Fungsi dari pelaksanaan sebuah yajna adalah untuk menghilangkan sifat egoisme yang ada dalam diri manusia. sebagai contoh : “ada seseorang yang setiap hari setiap jam makan selalu makan ditempat yang bisa dibilang mewah, tapi pada saat hari raya dimana orang-orang pada sibuk membeli perlengkapan sembahyang maupun banten orang tersbut hanya membeli sedikit bahan untuk banten maupun upakara, sedangkan untuk makan dia rela menghabiskan uangnya di sebuah restoran”. Jadi dalam setiap melakukan yajna seharusnya dilaksanakan dengan hati yang iklas dan seharusnya juga didasarkan pada kemampuan, jangan baru dibilang “yang penting iklas” kita beryajna sekedarnya. Mulai sekarang beryajnyalah dengan hati yang iklas, suci lahir dan bathin dan sesuaikan yajna kita dengan kemampuan, jika ingin beryajna janganlah terlalu memaksakan dalam artian jika tetangga anda membawa banten gebogan setinggi 2 meter sedangkan anda membawa hanya 1 meter, biarkanlah tetangga anda melakukannya karena mungkin dia mempunyai kemampuan untuk itu. Jadi beryajnyalah mulai dari rumah dan biasakan dengan hati iklas.

About these ads
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: